Buka O2SN, Bupati Klungkung Inginkan Anak-Anak Berbakat Dilatih Secara Crossing

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasiona| (O2SN) SD dan SMP Kabupaten Klungkung Tahun 2019, Senin (18/3/2019).

Klungkung – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasiona| (O2SN) SD dan SMP Kabupaten Klungkung Tahun 2019, Senin (18/3/2019).

Bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Swecapura kegiatan ini diikuti oleh 161 atlet dari empat perwakilan kecamatan dan sekolah yang terdiri dari 87 atlet SD dan 74 atlet SMP. Cabang olahraga yang dilombakan pada Jenjang SD yaitu Atletik, Senam, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat dan Karate. Sedangkan untuk O2SN SMP cabang olahraga yang dilombakan yaitu Atletik, Renang, Bulutangkis, Pencak Silat dan Karate.

Dalam amanatnya Bupati Suwirta mengatakan memang tidak mudah untuk membentuk siswa menjadi berkarakter dan unggul, namun melalui olah raga diharapkan tumbuh bibit yang unggul dan berprestasi ditingkat nasional hingga internasional. Dirinya mengingatkan untuk tidak menganggap kegiatan ini sebagai seremonial saja, namun event ini harus diikuti dengan sungguh sungguh serta dimanfaatkan untuk mendidik karakter dan mental anak.

Kepada para guru olahraga, Bupati Suwirta perintahkan supaya menindaklanjuti hasil pencarian bakat olahraga yang sudah disekenggarakan sebelumnya. Menggunakan sistem crossing, guru olah raga masing masing sekolah supaya mengumpulkan anak didiknya yang berbakat untuk selanjutnya dilatih bersama anak berbakat dari sekolah lain sesuai bakat dan prestasi.

“Dengan sistem crossing, dimana para guru olah raga masing masing sekolah supaya mengumpulkan anak didiknya yang berbakat untuk selanjutnya dilatih bersama anak berbakat dari sekolah lain, berlatih disekolah yang memiliki fasilitas dan guru yang mumpuni,Guru yang melatih pun harus benar benar berkopetensi sehingga anak anak yang yang sudah berbakat ini semakin muncul bakat dan prestasinya.” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dewa Gde Dharmawan dalam laporangan mengatakan tujuan pelaksanaan O2SN adalah untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga serta membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah. Syarat kepesertaan dari ajang O2SN ini untuk tingkat SD, atlet kelahiran 1 Januari 2005 keatas serta untuk jenjang SMP atlet kelahiran 1 Januari 2007 keatas.

Untuk tempat pelaksanaan pertandingan, Cabang Olahraga ( Cabor) renang dilaksanakan di Kolam Wisata Tirta Srinadi, Cabor Bulutangkis di GOR Prajasanti, Cabor Pencak Silat, Karatedi GOR Swecapura Gelgel, Atletik di Lapangan Umum Dawan .

Untuk memotivasi peserta, pada acara pembukaan ini dihadirkan pula siswa penyabet juara O2SN ditingkat Nasional pada tahun 2018 untuk 2 cabang olahraga, yaitu siswa atas nama Luh Made Budiartini Bandem dari SDN 1 Semarapura Tengah meraih 2 emas dan 1 perak cabor Renang SD Putri dan Putu Gatot Putra Wibawa dari SMPN 2 Banjarangkan meraih medali perunggu cabor Atletik SMP Putra. (Humas Klungkung)

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here