BNI Syariah Rayakan Puncak Milad ke-10 Tasyakur Hasanah Secara Virtual

BNI Syariah Rayakan Puncak Milad ke-10 Tasyakur Hasanah Secara Virtual

JAKARTA, BeritaDewata – BNI Syariah merayakan puncak milad ke-10 bertajuk Tasyakur Hasanah secara virtual. Milad yang diadakan pada saat New Normal ini diselenggarakan dalam format webinar dengan beberapa rangkaian acara diantaranya Seremoni Tasyakur Hasanah Milad ke-10 BNI Syariah; Kajian Singkat KH. Abdullah Gymnastiar; launching buku Hasanah Perjalanan Kebaikan cerita 10 tahun BNI Syariah, launching produk dan aplikasi Hasanahku, Smart Shodaqoh, Hasanah Online, dan Hasanah Employee App (Hey).

BNI Syariah Rayakan Puncak Milad ke-10 Tasyakur Hasanah Secara Virtual

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo berharap dalam perayaan Tasyakur Hasanah secara virtual ini semaraknya tidak hanya dirasakan oleh insan hasanah di seluruh Indonesia saja, tapi juga disaksikan oleh mitra dan kalangan media.

“Alhamdulillah dalam satu dekade ini, BNI Syariah mampu memberikan perbaikan dalam seluruh aspek baik spiritual, bisnis, maupun layanan. Hal ini pada akhirnya yang akan membawa peluang-peluang baru dan manfaat yang optimal bagi segenap stakeholder dan shareholder BNI Syariah,” kata Firman.

Menurut Firman, April tahun 2000 jadi penanda lahirnya ‘bayi kecil’ bernama Unit Usaha Syariah (UUS) BNI yang menjadi cikal bakal BNI Syariah sebagai salah satu pemain besar di perbankan syariah di Indonesia. UUS BNI membuka 5 cabang pertamanya pada 29 April 2000.

UUS BNI terus mengepakkan sayapnya, hingga pada 2010 memutuskan untuk memisahkan diri. Bank BNI Syariah pun terus melaju sebagai bank syariah pilihan masyarakat yang unggul dalam layanan dan kinerja. BNI Syariah menonjolkan value hasanah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah : 201).

Selama 10 tahun perjalanan,  BNI Syariah terus bertumbuh,  hal tersebut dibuktikan dengan adanya pertumbuhan dari sisi aset, laba, pembiayaan, dan DPK. Diawali dengan aset sebesar Rp6,3 triliun rupiah di tahun 2010, bertumbuh menjadi Rp49,9 triliun di tahun 2019. Pertumbuhan laba perusahaan yang semula berada pada posisi 37 miliar rupiah di 2010, tumbuh menjadi 603 miliar di 2019. Dari sisi pembiayaan, di tahun 2010 penyaluran pembiayaan sebesar Rp3,5 triliun meningkat menjadi Rp32,6 di tahun 2019. Sedangkan penghimpunan dana di tahun 2010 sebesar Rp5,2 triliun, tumbuh menjadi Rp43,8 triliun di tahun 2019.  Secara sustain, BNI Syariah mencatat kinerja positif dengan pertumbuhan rata-rata diatas 25%.

Kinerja BNI Syariah selama 10 tahun ini didukung oleh keunggulan dan inovasi produk dan layanan BNI Syariah diantaranya Tabungan dengan Akad Wadiah; Tabungan BNI iB Baitullah Hasanah; Wakaf Hasanah; Hasanah Online; BNI iB Hasanah Card; Hasanahku; BNI Griya Swakarya iB Hasanah.

Layanan Hasanah BNI Syariah semakin lengkap dengan adanya himbauan sholat tepat waktu, penghapusan denda keterlambatan, dan diberlakukannya tunjangan bagi pegawai yang hafizh Al-Qur’an. Sebagai wujud value Hasanah yang diangkat oleh BNI Syariah, secara konsisten dan berkelanjutan BNI Syariah memberikan kontribusi bagi peningkatan pendidikan, kesejahteraan dan ekonomi umat melalui berbagai kegiatan sosial bekerja sama dengan Yayasan Hasanah Titik diantaranya Direksi Mengajar, Benteng Hasanah di Batas Negeri, Tetanggaku Hasanahku, Infaq Beras untuk Umat (IBU), dan program Santunan 1000 Ojol.

Kinerja 10 tahun BNI Syariah juga tidak lepas dari sinergi BNI Syariah dengan BNI sebagai perusahaan induk, dimana BNI Syariah didukung teknologi yang dimiliki BNI sehingga lebih efisien. Selain sinergi dari sisi teknologi, BNI Syariah juga bersinergi dengan BNI terkait jaringan, dimana 1.747 outlet milik BNI dapat melayani transaksi syariah melalui produk-produk BNI Syariah.

Kontribusi BNI Syariah untuk membangun negeri juga dilakukan dengan partisipasi dalam pembiayaan sindikasi proyek infrastruktur seperti pembangunan Tol Pemalang-Batang dan Tol Jakarta-Cikampek, serta pembiayaan UMKM melalui program Deureuham bekerja sama dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif). BNI Syariah juga bekerja sama dengan berbagai institusi dalam pengembangan ekosistem halal, seperti lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, institusi kesehatan, travel, developer perumahan, dan startup fintech.

Alhamdulillah prestasi BNI Syariah juga diakui oleh berbagai lembaga baik nasional maupun internasional dengan pencapaian berbagai penghargaan diantaranya The Best Bank Syariah Aset >10 T – Best Syariah Award 2014 (Majalah Investor); Juara 1 Private Non Listed – Annual Report Award tahun 2014 dan tahun 2015, Bank dengan kinerja terbaik kategori aset 10-25 T – The Best Bank Syariah 5 Tahun Berturut-turut (Infobank); Best Service Quality (Teller, Customer Service, Banking Hall) – The Best Service Quality Award 2016 (Majalah Marketing); The Best Sharia Bank Magnificent 7 2017 – Karim Consulting; Best Bank Syariah Buku 2 – Anugerah Syariah Republika 2018; The Best Commercial Bank In Indonesia (Islamic Bank)- Alpha Southeast Asia Award 2018; Best Performance Bank Kategori Bank Syariah – Bisnis Indonesia Financial Award 2019; dan pada 2020 BNI Syariah meraih Best Overall Tabungan, KPR, dan Kartu Debit Bank Umum Syariah Peringkat 1 – Digital Brand Award (Infobank).

Pada tahun 2020, BNI Syariah tercatat telah naik kelas ke Buku III, setelah pemegang saham melakukan setoran modal inbreng sebesar Rp 255 miliar dan BNI Syariah mencetak laba bersih Rp214,01 miliar pada triwulan I 2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar.

Sebagai ucapan syukur atas perjalanan BNI Syariah selama 10 tahun, BNI Syariah menggelar puncak milad bertajuk Tasyakur Hasanah. Momen ini merupakan kali pertama Tasyakur Hasanah digelar secara virtual. Meskipun demikian, insya Allah semaraknya dapat dirasakan oleh Insan Hasanah di seluruh Indonesia saja, tetapi juga disaksikan oleh mitra dan kalangan media.

Acara Tasyakur Hasanah diisi oleh rangkaian kegiatan diantaranya Seremoni Tasyakur Hasanah Milad ke-10 BNI Syariah; Kajian Singkat KH. Abdullah Gymnastiar; launching buku Hasanah Perjalanan Kebaikan Cerita 10 tahun BNI Syariah, serta grand launching Hasanahku, Smart Shodaqoh, Hasanah Online, dan Hasanah Employee App (Hey).

Pada kesempatan ini, BNI Syariah juga mempublikasikan bahwa BNI Syariah telah dapat memasarkan KPR Subsidi Syariah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan produk KPR Sejahtera Syariah.

BNI Syariah juga mengumumkan pengumuman pemenang Journalist Writing & Photo Competition dan pengumuman pemenang penghargaan masjid teladan Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) Masjidku Hasanahku.

Ada enam pemenang Journalist Writing & Photo Competition diantaranya adalah Wahyu Kuncoro SN dari Harian Bhirawa untuk kategori hard news; Suwarny Dammar dari Sindo Makassar untuk kategori cetak feature; Any Ramadhani dari rakyatsulsel.co untuk kategori hard news online; Irwan Kelana dari Republika.co.id untuk kategori online feature; Muhammad Abdiwan dari Tribun Timur untuk kategori foto cetak; dan Bayu Eka Novanta dari tugumalang.id untuk kategori foto online.

Sedangkan untuk pemenang Penghargaan Masjid Teladan terdapat tiga kategori. Kategori pertama adalah masjid raya & masjid agung yaitu juara 1 adalah Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram; juara 2 adalah Masjid Paripurna Agung Ar-Rahman Kota Pekanbaru; juara 3 adalah Masjid Baitul Mu’miniin Bakdi Bali.

Untuk kategori 2 yaitu masjid besar & masjid jami diantaranya pemenangnya adalah juara 1 Masjid Nurul Ashri Deresan Yogyakarta; juara 2 adalah Masjid Ar-Riyadh Balikpapan; dan juara 3 adalah Masjid Al Hidayah Palembang. Untuk kategori 3 masjid di tempat publik adalah Juara 1 adalah Masjid An Nur Puspogiwan Semarang; Juara 2 Masjid Oman Al Makmur Banda Aceh; dan Juara 3 adalah Masjid Shalahuddin Sidoarjo.

Milad ke-10 ini didahului dengan berbagai rangkaian kegiatan pra milad diantaranya rangkaian kajian online bersama para tokoh dan ustadz dilakukan selama bulan Ramadhan bertajuk Ramadhan Berhasanah; Benteng Hasanah Untuk Negeri sebagai bentuk kontribusi nyata bagi masyarakat dalam dakwah, pemberdayaan ekonomi, dan pendidikan; Berbagi Takjil Hasanah yaitu pemberian takjil kepada anak yatim; Kisah Cinta Hasanah yaitu pemberian paket bantuan ke panti asuhan; dan Journalist Writing & Photo Competition.

Untuk menemani Ramadhan #dirumahaja, BNI Syariah menyuguhkan WebSeries Ramadhan dengan judul “Kesempatan Kedua” terdiri dari 8 episode di Official Youtube Channel BNI Syariah.

Firman menambahkan, sebagai BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner terus berkomitmen untuk dapat menebarkan hasanah dan membawa manfaat bagi seluruh mitra, termasuk dalam menghadapi kenormalan baru. “Terima kasih atas dukungan dan kebersamaan selama 10 tahun dengan BNI Syariah. Semoga kami dapat terus menjadi mitra yang menemani perjalanan Bapak/Ibu sekalian menuju Hasanah dunia dan akhirat, Insya Allah,” kata Firman.

Tentang BNI Syariah
BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS).Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,95% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, Layanan 24 jam BNI Call (1500046), BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu lebih dari 375 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh 1.747 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah.

Tentang Hasanah
Hasanah merupakan corporatecampaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Tentang Hasanah Banking Partner
BNI Syariah sebagai mitra bisnis yang memberikan layanan terbaik sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata tetapi juga memperhatikan faktor keberkahan dengan nilai kebaikan. BNI Syariah berkomitmen untuk menjadi partner pada setiap tahapan kehidupan.

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: Dr. Hasanudin, M.Ag; Anggota: Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H.
Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode;  Komaruddin Hidayat
Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Kepatuhan: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan & Operasional: Wahyu Avianto; Direktur Bisnis Ritel & Jaringan: Iwan Abdi; Direktur SME & Bisnis Komersial: Babas Bastaman*

*) Belum efektif, menunggu proses fit & proper test OJK

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:

Komunikasi Perusahaan
Bambang Sutrisno | Corporate Secretary
M Iqbal Taqiudin | Manager Koordinator Divisi Kesekretariatan dan Komunikasi Perusahaan
Email: komeks@bnisyariah.co.id | Telpon: 021 – 2970 1946 | Fax: 021 – 021 – 2966 7935
Media social: Facebook: PT Bank BNI Syariah; Instagram: @bni.syariah; Twitter : @BNISyariah

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here