BI Gandeng AL Latih Penerima Beasiswa Generasi Bank Indonesia untuk Mengenal Potensi Laut

DENPASAR, BeritaDewata – Bank Indonesia Provinsi Bali menggandeng TNI Angkatan Laut (AL) Denpasar untuk memberikan pelatihan dan pemahaman tentang potensi kelautan Indonesia dan Bali bagi para penerima beasiswa Generasi Bank Indonesia (GenBI). Pembukaan pelatihan digelar Markas TNI AL Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Pembukaan pelatihan digelar Markas TNI AL Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, keberhasilan mempersiapkan sumber daya manusia menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Untuk itu diperlukan pendidikan putra putri bangsa yang berkarakter, cerdas, terampil, berdaya juang dan daya saing tinggi serta dilandasi dengan semangat kebangsaan yang kuat.

Sesungguhnya, pembangunan manusia melalui pendidikan menentukan kekuatan serta daya saing bangsa. Sumber daya manusia yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa dan negara di masa depan.

“Generasi muda dapat mengantarkan menuju masa depan bangsa yang sejahtera. Kualitas sumber daya manusia generasi muda dapat menjadi faktor penentu bagi peradaban, kemajuan, perkembangan suatu bangsa,” urainya.

Ia melanjutkan, untuk mencapai karakter generasi yang cerdas dan berkualitas, maka Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali
berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia melalui program pemberian beasiswa bagi mahasiswa.

“Saat ini pada tahun 2020, kami menyalurkan beasiswa kepada 225 orang mahasiswa/i jenjang sarjana (S1) reguler di dua PTN mitra kerjasama yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta dua PTS yaitu Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa. Pada tahun ini juga, kami melakukan perluasan penyaluran beasiswa pendidikan vokasi di SMK Dwijendra,” ujarnya.

Bank Indonesia juga telah menyiapkan komunitas bagi para penerima beasiswa untuk berkarya, mengabdi dan berkontribusi untuk negeri. Salah satu wadah pembinaan itu adalah GenBI Leadership Camp.

“Jadikan kegiatan ini sebagai “Sekolah Kepemimpinan” bagi kalian untuk belajar menjadi seorang pemimpin, setidaknya bagi diri sendiri,” tegasnya.

GenBI Leadership Camp 2020 ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Kali ini BI bersinergi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar untuk pelaksanaan kegiatan.

Mengingat masih masa pandemi, kegiatan ini dibagi dalam lima batch di mana masing-masing batch terdiri dari 45 peserta. Dari 225 peserta, 20 orang tidak bisa mengikuti kegiatan karena sedang di luar kota, sakit, dan mengikuti ujian proposal.

Kegiatan juga dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum memulai kegiatan, seluruh peserta menjalani rapid tes. Bagi yang hasil rapid tesnya reaktif, tidak diperkenankan mengikuti kegiatan.

Perwira Pelaksana GenBI Leadership Camp TNI AL, Mayor Gde Padang mengatakan, seluruh peserta akan dilatih bagaimana mengenal, mengetahui potensi laut Indonesia.

“Wilayah Indonesia terdiri dari laut dengan segala kekayaan yang ada. Generasi muda Indonesia harus mengenal kekayaan laut yang ada,” ujarnya.

Selama mengikuti GenBI Leadership Camp, peserta akan diberikan teori dan praktek. Untuk prakteknya, seluruh peserta akan diajak ke laut, mengenal laut Indonesia yang kaya. Namun saat ke laut bukan hanya sekedar melihat pemandangan tetapi akan diajarkan bagaimana menikmati sensasi kekayaan dan potensi laut Indonesia.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here