Banjir Rendam Dua Desa di Kabupaten Batu Bara

Banjir Rendam Dua Desa di Kabupaten Batu Bara

JAKARTA, BERITADEWATA – Bencana banjir melanda Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara pada Senin (30/10). Peristiwa itu terjadi pascahujan deras yang merusak benteng atau tanggul sungai yang ada di wilayah Desa Nenasiam dan Desa Sei Buah Keras, Kecamatan Medang Deras.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat dalam laporan yang dikeluarkan Selasa (31/10) pagi, sebanyak 41 kepala keluarga terdampak dan 41 unit rumah warga terendam banjir dengan ketinggian muka air bervariasi antara 30 sampai 50 centimeter. Belum ada laporan adanya korban jiwa maupun warga yang mengungsi.

Banjir juga menggenangi beberapa fasilitas umum, antara lain Jalan Lintas Pagurawan terendam sepanjang 500 meter, jalan kabupaten penghubung antara Desa Sei Buah Keras dengan Desa Durian terputus sehingga menyebabkan anak-anak tidak bisa ke sekolah, 30 hektare sawah, 25 hektare perkebunan dan 40 hektare lahan pertanian milik warga. Situasi terkini, banjir masih menggenangi dua desa tersebut.

Sejak kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batu Bara telah berada di lokasi untuk melakukan pendataan, menyiapkan tenda pengungsian bagi warga dan berkoordinasi dengan intansi terkait untuk memperbaiki benteng atau tanggul yang rusak akibat banjir.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada perangkat daerah dan warga yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir khususnya yang berada di aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan datangnya banjir.

Antara lain dengan rutin melakukan pemantauan kondisi tanggul dan debit air sungai, selanjutnya selalu memperhatikan kondisi cuaca di wilayahnya, dan menyiapkan tim penanganan bencana tingkat RT/RW serta mengetahui jalur evakuasi di desanya masing-masing.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here