Arsa: Usai Tahapan Coklit, Masuk Tahapan Proses Penyusunan Daftar Pemilih

Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya

DENPASAR, Berita Dewata – Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya mengungkapkan tahapan pemilihan Walikota Denpasar yang saat ini sudah selesai dilakukan adalah tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) Pilkada 2020. Coklit adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan menemui pemilih secara langsung.

“Coklit yang berlangsung dari bulan Juli dan berakhir pada 13 Agustus 2020 saat ini sudah selesai dilakukan dan sudah masuk tahap proses penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran jadi nanti secara berjenjang akan dilaksanakan proses penetapan atau pleno,” kata Wayan Arsa Jaya, ditemui Berita, Dewata, Rabu 26 Agustus 2020.

Menurutnya, Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan melakukan pleno di tanggal 29 Agustus sampai dengan tanggal 1 September, kemudian dilanjutkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU akan menetapkan itu sekira tanggal 9 September adalah menjadi daftar pemilih sementara jadi progresnya saat ini sedang upload untuk sistem informasi data pemilih (Sidalih).

“Jadi terkait dengan hasil Coklit kami juga senantiasa berkoordinasi dengan Bawaslu terkait dengan data-data, terkait dengan teknis pelaksanaan di lapangan jadi beberapa hal tercatat di sana bahwa masih ada atau masih kami temukan hasil penyisiran bahwasanya masih ada daftar pemilih ganda,” Terangnya.

Terkait temuan tersebut pihaknya melakukan upaya berkordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memperoleh informasi di mana yang ganda itu sedang aktif. “jadi dalam arti mungkin saja ini bisa terjadi ya ada penduduk yang menikah, menikah secara administratif sedang di urus atau belum diurus atau sudah di urus tapi belum di update di data pemilih,” Jelas Wayan Arsa.

Selain pemilih ganda, juga ditemukan calon pemilih yang masih menggunakan sukak, surat keterangan jadi dia sudah rekam KTP-elektronik, tetapi KTP-el belum tercetak dan ini juga sudah disampaikan oleh Capil dan kami tembuskan informasinya kepada masyarakat pemegang sukak, bahwa mereka sudah bisa cetak langsung KTP elektronik.

Selanjutnya informasi untuk pemilih yang akan genap berusia 17 tahun pada tanggal 9 Desember 2020, sekarang di data menjadi pemilih pemula itu sudah bisa menjadi proses perekaman KTP-el. “Nah ini, jadi proses perekaman ini nanti akan dilakukan oleh Capil.” Tutupnya.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here