Anggota DPR RI Dapil Bali Bantu Kerama Adat Sumberkima

BULELENG – Program Tanam Sejuta Pohon yang digaungkan Anggota DPR RI dari Komisi XI asal Buleleng, Bali yang tak lain adalah Tutik Kusuma Wardani kembali menggebrak bumi Buleleng.

Pada Senin (23/7) Tutik Kusuma Wardani, perempuan dari Partai Demokrat besutan Susilo Bangbang Yudoyono kembali sambangi desa di Buleleng Barat yaitu Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak.

Kedatangan anggota DPR RI Dapil Bali ini disambut dengan antusias oleh raturan kerama Adat Sumberkima di Pura Desa setempat, ratusan kerama istri (Perempuan) yang ketika itu sedang melakukan aktifitas Ngayah di pura desa.

Tutik yang sudah ditunggu-tunggu kerama adat langsung memberikan pengarahan kepada kerama istri, pada penyampian itu Tutik berharap masyarakat di Buleleng agar selalu sejahtera dengan program tanam Sejuta Pohon.

Usai meberikan pengaraha Tutik Kusuma Wardani yang di dampingi sang sumami yang tak lain Gede Darma Wijaya dan para prejuru Adat, anggota DPR RI ini langsung memberikan bantuan berupa ratusan bibit kelapa Genjah kepada kerama Adat.

Saat dikonfirmasi usai pemberian bantuan bibit Kepala Genjah tersebut, Tutik mengatakan kalau nantinya pemberian bantuan ini bisa meringankan kerama ada, yang mana setiap bulan maupun tahun kerama adat selalu memerlukan buah kelapa tersebut sebagai sarana Upacara Manusia Yadnya, Pitra Yadnya dan Dewa Yadnya.

“Kelapa inilah yang paling tahan untuk didaerah kering seperti ini, kita tau kebutuhan Kelapa seperti ini sangat tinggi di Bali, sehingga melihat potensi di desa-desa seperti desa Sumberkima yang tandus kita bisa sejuk. Dengan program Tanam Sejuta Pohon bukan didaerah ini saja kita lakukan didaerah lain yang ada di Balipun kita telah lakukan,” jelas Tutik.

Tutik juga menyebutkan kalau belakangan ini daerah Bali masih selalu infor kelapa-kelapa Genjah setiap berlangsungnya Upacara keagamaan di Bali “Kita melihat belakangan ini daerah kita di Bali selalu impor buah kelapa, nah maka dari itu berharap masyarakat dimanapun untuk selalu menanam pohon seperti ini dihalaman rumah masing-masing. Kita akan selalu berikan bantuan untuk membantu masyarakat,” paparnya kepada Beritadewata.com.

Tanam Sejuta Pohon bersama Anggota DPR RI dari Komisi XI asal Buleleng, Bali

Sementara Kelian Banjar Adat Tegal Sari desa Pakraman Sumberkima, Nyoman Rajin menyebutkan kedatangan Tutik Kusuma Wardani bukan hari ini saja malah sudah bertahun-tahun lamanya sebelum duduk menjadi DPR RI ia sudah memberikan bantuan kepada masyarakat setempat

“Kedatangan Ibu Tutik bukan ini saja, sebelum dewan beliau sudah sering memberikan bantuan kepada masyarakat kami. Mudah-mudahan kedepan beliau bisa terpilih lagi dan bisa membantu masyarakat luas” jelas Rajin.

Usai memberikan ratusan pohon kelapa, kembali Anggota DPR RI Dapil Bali ini menyambangi masyarakat didusun Sumber Sambi desa Sumberkima, selain memberikan ratusan bibit pohon kelapa juga memberikan sembako kepada para lansia di salah satu rumah warga setempat.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here