6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Jiwa

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Jiwa

JAKARTA, BERITADEWATA – Sebenarnya apa itu asuransi jiwa, tidak lain sebuah asuransi yang akan memberikan uang pertanggungan sebagai ganti dari dampak hilangnya sumber pendapatan seseorang, atau juga sebuah keluarga, akibat kematian dari pihak nasabah asuransi itu sendiri.

Lalu, apa saja keuntungan, jenis, dan bagaimana pula memilih asuransi jiwa yang tepat?

Selain itu, Anda juga perlu membaca detail polis asuransi jiwa yang ingin dimiliki agar tidak ada kesalahan setelah memilikinya.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda membaca ulasan berikut ini hingga selesai.

Keuntungan dan manfaat asuransi jiwa

Apa saja keuntungan dan juga manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti asuransi jiwa tersebut. Terbilang cukup banyak, antara lain:

1. Memberikan perlindungan dari resiko kematian

Hadirnya layanan asuransi jiwa seperti ini, akan memberikan perlindungan bagi keluarga yang ditinggalkan, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada pihak tertanggung, misalnya meninggal dunia, dan dapat mengakibatkan keluarga nasabah kehilangan sumber penghasilan.

Dalam hal ini pihak perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan pada ahli waris sesuai yang ditunjuk pada polis.

2. Memastikan kelangsungan hidup dari ahli waris

Dalam hal ini, memastikan bahwa pihak keluarga dari pemegang polis atau dalam hal ini pihak ahli waris, akan memperoleh santunan. Dimana nantinya santunan yang diberikan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup atau untuk melanjutkan hidup.

Baca Juga :  Gubernur Bali akan Dikonfirmasi Terkait Dugaan Pelanggaran Kampanye

3. Manfaat santunan cacat permanen atau sebagian

Umumnya asuransi jiwa ini juga memberikan perlindungan terhadap kondisi cacat permanen atau juga setengah, akibat kecelakaan atau juga sebab lainnya, dari pihak tertanggung atau dalam hal ini pemenang premi itu sendiri.

Adapun besaran manfaat yang diberikan, bisa mencapai 100 % dari nilai pertanggungan atau juga sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

4. Membantu mengelola uang secara lebih bijak

Secara tidak langsung Anda sebagai pemenang premi dipaksa untuk mengelola keuangan secara lebih bijak, untuk keberlangsungan hidup keluarga di masa depan. Hasilnya gaya hidup boros, dapat diminimalisir, agar tidak menimbulkan kesulitan keuangan nantinya.

5. Sebagai persiapan pensiun

Salah satu asuransi jiwa yang bernama “Unit Link” atau “Asuransi Dwiguna” ini akan memberikan manfaat unik, berupa persiapan masa pensiun.

6. Memberikan rasa tenang

Secara tidak langsung dengan menggunakan jenis asuransi seperti ini, akan memberikan perlindungan baik pada Anda sebagai pemenang premi dan juga keluarga yang ditinggalkan.

Baca Juga :  Bawaslu Bali Usulkan Dana Pilkada Serentak di 6 Kabupaten dan Kota

Dalam hal ini adanya jaminan finansial, setelah pihak pemegang premi meninggal atau juga cacat.

Jenis asuransi jiwa dan preminya

Adapun jenis asuransi jiwa dan premi yang umumnya ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi, antara lain:
1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup / Whole Life Insurance

Memberikan pertanggungan seumur hidup atau selama polis berlaku, serta memberikan manfaat pertanggungan yang sekaligus tabungan.

2. Asuransi jiwa berjangka

Jenis asuransi jiwa yang memberikan pertanggungan dalam jangka waktu tertentu atau disebut juga dengan jangka waktu polis atau policy term.

Adapun manfaat polis hanya akan dibayar ketika tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang sudah ditentukan atau selama polis masih berlaku.

3. Asuransi jiwa unit link

Tidak lain jenis asuransi gabungan Antara asuransi jiwa dan investasi. Hasilnya premi yang dibayar nasabah akan dialokasikan jadi premi dasar, baik untuk uang pertanggungan dan juga premi investasi itu sendiri.

4. Asuransi Jiwa Dwiguna / endowment insurance

Jenis asuransi jiwa yang satu ini akan memberikan manfaat dengan 2 kondisi, yaitu apakah pihak tertanggung meninggal selama jangka waktu pertanggungan. Yang kedua adalah hidup hingga akhir jangka pertanggungan itu sendiri.

Baca Juga :  Libatkan Karyawan untuk Turut Peringati Hari Pendidikan Nasional

Tentang polis asuransi jiwa dan cara membacanya

Adapun polis asuransi sendiri adalah sebuah surat perjanjian asuransi, antara pihak penanggung dalam hal ini perusahaan asuransi dan juga pihak tertanggung dalam hal ini nasabah asuransi tersebut.

Di dalam surat perjanjian itu sendiri nantinya akan memuat beberapa perjanjian pengalihan risiko syarat-syarat dan juga komitmen antara 2 belah pihak.

Adapun cara membaca dan isi umum dari polis itu sendiri antara lain:
1. Hak untuk mempelajari polis. Dimana umumnya waktu yang diberikan sekitar 14 hari.
2. Data dari pihak pemenang polis dan juga pihak tertanggung.
3. Aneka manfaat dari asuransi yang digunakan.
4. Adanya pengecualian tertentu. Maksudnya adalah hal yang dapat menyebabkan klaim dari pihak tertanggung ditolak.
5. Ketentuan dari premi asuransi itu sendiri. Dalam hal ini rincian premi yang harus Anda bayar.
6. Adanya potongan biaya. Yang biasanya akan mengurangi manfaat asuransi yang akan diterima.

Demikianlah beberapa ulasan tentang asuransi jiwa. Semoga dengan hadirnya ulasan kali ini, Anda jadi lebih paham tentang asuransi jiwa dan juga polis asuransi itu sendiri.

Sebarkan Berita ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here