Hari ini : 21 Apr 2014 | 00:09:00 WITA
rssyoutubetwitter facebook
Kategori : Daerah(Badung)
Oleh : I Gede Agus Astapa S.Sos, MM   |   Tanggal : 04 - Apr - 2012 15:32:35
Pandawa Beach, Obsesi Kutuh Menuju New Nusa Dua
"Sepenuhnya Dikelola Desa Adat, Bangun Fasilitas Murni dari Swadaya"
Badung (beritadewata.com) – Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung memang merupakan desa baru di kabupaten Badung, tetapi berbagai prestasi telah ditoreh. Terbaru adalah menjadi juara kedua lomba desa tingkat nasional pada tahun 2011 lalu. Hal ini tak lepas dari semangat masyarakat Desa Kutuh untuk mengejar ketertinggalan desa ini sebagai desa yang memiliki kemampuan seperti halnya desa-desa kaya di Badung Selatan.

Kini, obsesi mereka pun menciptakan sebuah kawasan pantai baru di Pantai Kutuh, yakni Pandawa Beach. Mulanya, pantai ini mayoritas dihuni oleh para petani rumput laut, sesuai dengan tradisi nenek moyang mereka. Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat pun mulai mengembangkan potensi pariwisatanya. Tak ayal, obsesi itu berusaha diwujudkan Perbekel Kutuh Drs Nyoman Mesir.

“Nantinya bila Pandawa Beach ini terwujud, akan menjadi kawasan baru New Nusa Dua, jadi wisatawan akan beralih ke Pandawa Beach setelah berwisata ke Nusa Dua,” kata Mesir.

Bagi anda yang sering menuju Pantai Kutuh, tentu sangat mengenal dengan tebing-tebing berundak yang kerap muncul dalam layanan iklan atau documenter. Nantinya, tebing berundak dari kapur ini, akan Anda lewati sebelum tiba di Pandawa Beach. Nah, mirip halnya dengan patung-patung goa di Klungkung atau Gianyar, di sepanjang tebing kapur, nanti akan terpajang sejumlah patung tokoh Pandawa yakni Dharmawangsa, Bima, Arjuni, Nakula dan Sadewa. “Saat ini yang baru terbangun adalah patung Dharmawangsa, selebihnya masih dalam proses. Diharapkan tahun 2013, semua patung sudah terbangun,” harap Mesir.

Untuk membangun Pandawa Beach, diceritakan Mesir, sepenuhnya murni dari swadaya masyarakat dengan menggunakan kas desa. “Kami memang sengaja tidak mau menggunakan investor, karena kami tidak mau sebagai masyarakat local kelak hanya menjadi penonton,” katanya. Untuk itulah, penataan Pandawa Beach akan dilakukan bertahap. Untuk satu patung, dianggarkan Rp 80 juta. Sedangkan penataan seluruh kawasan, ditargetkan mencapai lebih dari Rp 3 miliar.

Meski demikian, Nyoman Mesir tetap berharap bantuan pemerintah kabupaten Badung, pembangunan infrastruktur menuju kawasan Pandawa Beach. Diantaranya pengaspalan jalan menuju Pandawa Beach. Untuk sarana jalan, Mesir berharap aksesnya tidak hanya dari jalan raya Siligita-Kutuh, tetapi mestinya dimanfaatkan badan jalan yang terbengkalai dari Nusa Dua-Kutuh-Ungasan. Sejak era Orde Baru, badan jalan 24 meter, yang sebetulnya dirancang untuk menuju Bali Cliff Hotel, hingga saat ini masih terbengkalai.”Mestinya Pemda Badung segera mengaspal jalan 24 kilometer, selain mengurangi akses kepadatan di Nusa Dua, juga kelak untuk pengembangan kawasan Kutuh dan sekitarnya,” tegasnya.

Selain pajangan patung, Pandawa Beach juga akan menawarkan berbagai wisata permainan diantaranya wisata air, paragliding, paralayang, dan juga wisata unta.



Dibaca 3765 Kali
Berita Terkait
Gianyar
19 - Apr - 2014
GCF Meriahkan HUT Kota Gianyar ke-243
Denpasar
18 - Apr - 2014
Pecalang Bali Sebagai Polisi Adat
Gianyar
13 - Apr - 2014
Lomba Pungut Sampah Antar SD
BERITA LAINNYA 
Seni & Budaya
19 - Apr - 2014 : 17:13:00
Komentar | Dibaca 820 Kali
Gaya Hidup
19 - Apr - 2014 : 17:53:00
Komentar | Dibaca 947 Kali
Pariwisata
19 - Apr - 2014 : 16:35:00
Komentar | Dibaca 701 Kali
Daerah
19 - Apr - 2014 : 16:25:00
Komentar | Dibaca 809 Kali
Sosial Politik
18 - Apr - 2014 : 18:23:00
Komentar | Dibaca 1449 Kali
Gaya Hidup
18 - Apr - 2014 : 18:19:00
Komentar | Dibaca 1250 Kali
LOGO & BROSUR  
Sekilas Berita Dewata

Sebagai salah satu situs berita yang lahir di Bali. Dengan motto "Jendela Pulau Bali", Berita Dewata berusaha memberitakan hal-hal menarik yang terjadi di Bali.
Kami juga akan terus berusaha menayangkan berita seaktual mungkin, sehingga pembaca tidak hanya memantau kondisi Bali dari menit ke menit, namun juga akan menambah wawasan anda tentang Pulau Dewata yang sangat kita cintai.
Sebagai portal berita yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, www.beritadewata.com bisa diakses melalui handphone juga tampil dalam format iPad dan akan terus tumbuh mengikuti teknologi yang ada.
Penerbit :
CV. Soca Artha Buana


Alamat Redaksi :
Jl. Kebo Iwa Selatan No. 8, Padang Sambian Denpasar, Bali.
Telpn: 0361- 7446525 - Hotline : +6285 337 456 217
Email: redaksi@beritadewata.com - marketing@beritadewata.com
follow Berita Dewata :




CopyRight @2011 web & design by beritadewata.com