Hari ini : 18 Apr 2014 | 21:06:00 WITA
rssyoutubetwitter facebook
Kategori : Bali Update(Jembrana)
Oleh : Humas   |   Tanggal : 04 - Jun - 2013 18:48:33
Peringatan Pertempuran Pasukan M
"Kasal Marsetio dorong kapten laut Markadi sebagai pahlawan nasional"
Jembrana (beritadewata.com) - Kegigihan perjuangan Pasukan M dibawah komando Kapten Laut Markadi pada Tahun 1946 – 1947 silam di perairan laut Candikusuma hingga Cekik Gilimanuk, Jembrana dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajah, menginspirasi bangsa ini untuk senantiasa mengenang dan memperingatinya. Setiap tahun Pemkab Jembrana bersama TNI AL dan Keluarga Besar Kapten Laut Markadi selalu memperingati peristiwa pertempuran laut pertama di Republik ini.

Tahun 2013 ini, peristiwa bersejarah tersebut kembali diperingati di Monumen Lintas Laut Jawa – Bali yang berlokasi di Kawasan Taman Nasional Bali Barat, Cekik, Kelurahan Gilimanuk Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana, Bali, Selasa (4/6) pagi. Bahkan dalam upacara kali ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio langsung sebagai Inspektur Upacara sementara bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Pangkalan TNI Angkatan Lau Banyuwangi Letkol Laut (P) Edi Eka Susanto.

Sebelum tiba di Monumen Lintas Laut Cekik, Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio dengan pesawat helicopter berlabuh di Lapangan Stadion Pecangakan disambut Bupati Jembrana I Putu Artha, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan termasuk Ketua DPRD Kabupaten Jembrana I Ketut Sugiasa dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Sebagai Inspektur Upacara Laksamana TNI Dr. Marsetio mendorong Kapten Laut Markadi sebagai Pahlawan Nasional. Hal tersebut didasari oleh perjuangan pasukan yang dipimpinnya pada 67 Tahun silam dalam operasi lintas laut Jawa-Bali. Peristiwa heroik di perairan Selat Bali tersebut telah menorehkan catatan penting tentang pertempuran laut pertama dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang bertempur melawan kapal patrol Belanda yang lebih kuat dan modern persenjataannya dalam mempertahankan NKRI. “ Kita dorong Kapten Laut Markadi sebagai Pahlawan Nasional “ kata Laksamana TNI Dr. Marsetio. Kasal juga menyebutkan, TNI AL menjadi inisiator pengusulan Kapten Laut Markadi sebagai Pahlawan Nasional, pengusulannya telah mendapat dukungan Bupati Jembrana I Putu Artha termasuk Gubernur Bali. “ Proses dan persyaratan sedang kita urus dan Kapten Laut Markadi pantas untuk diangkat menjadi Pahlawan Nasional “ tambah Kasal.  Kasal juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Jembrana I Putu Artha yang setiap tahun menjadi inisiator dalam peringatan operasi lintas laut Pasukan M.

Dalam kesempatan tersebut, pihak keluarga Kapten Laut Markadi menyerahkan bantuan kepada siswa kurang mampu dan panti asuhan. Bantuan tersebut diserahkan oleh Ibu Oni Markadi (istri mendiang Kapten Laut Markadi) kepada Ibu Ari Sugianti Artha selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana, yang selanjutnya oleh Ari Sugianti Artha diserahkan diberikan kepada anak TK 114 paket, SD 100 paket dan SMP 100 paket. Sedangkan bantuan berupa beras, mie instant, susu, minyak goreng dan cornet beef diberikan kepada Panti Asuhan Artha Karakumara, Giri Asih, Sanatana Darma dan Prahita. (Humas Kab Jembrana)


Dibaca 1340 Kali
Berita Terkait
Gianyar
13 - Apr - 2014
Lomba Anjing Sehat, Tekan Kasus Rabies
BERITA LAINNYA 
Gaya Hidup
18 - Apr - 2014 : 18:19:00
Komentar | Dibaca 399 Kali
Daerah
18 - Apr - 2014 : 17:56:00
Komentar | Dibaca 353 Kali
Seni & Budaya
17 - Apr - 2014 : 16:56:00
Komentar | Dibaca 187 Kali
Sosial Politik
17 - Apr - 2014 : 16:44:00
Komentar | Dibaca 434 Kali
IT Phone
16 - Apr - 2014 : 12:14:00
Komentar | Dibaca 623 Kali
IT Phone
16 - Apr - 2014 : 12:11:00
Komentar | Dibaca 908 Kali
LOGO & BROSUR  
Sekilas Berita Dewata

Sebagai salah satu situs berita yang lahir di Bali. Dengan motto "Jendela Pulau Bali", Berita Dewata berusaha memberitakan hal-hal menarik yang terjadi di Bali.
Kami juga akan terus berusaha menayangkan berita seaktual mungkin, sehingga pembaca tidak hanya memantau kondisi Bali dari menit ke menit, namun juga akan menambah wawasan anda tentang Pulau Dewata yang sangat kita cintai.
Sebagai portal berita yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, www.beritadewata.com bisa diakses melalui handphone juga tampil dalam format iPad dan akan terus tumbuh mengikuti teknologi yang ada.
Penerbit :
CV. Soca Artha Buana


Alamat Redaksi :
Jl. Kebo Iwa Selatan No. 8, Padang Sambian Denpasar, Bali.
Telpn: 0361- 7446525 - Hotline : +6285 337 456 217
Email: redaksi@beritadewata.com - marketing@beritadewata.com
follow Berita Dewata :




CopyRight @2011 web & design by beritadewata.com