Hari ini : 19 Apr 2014 | 22:28:00 WITA
rssyoutubetwitter facebook
Kategori : Bali Update(Gianyar)
Oleh : Humas   |   Tanggal : 30 - Nov - 2013 18:51:00
HUT Dharma Wanita Persatuan ke-14 dan Hari Ibu ke-85
"Ny. Gaga Adi Saputra Beri Kursi Roda"

Gianyar, Bali (Beritadewata.com) - “Bingung” itulah ekspresi pertama yang tampak dari wajah Ni Made Suciati (8), anak disabilitas lumpuh dari leher hingga kaki, saat melihat kedatangan ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Ny. Ida Ayu Ambari Gaga Adi Saputra beserta rombongan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gianyar ke rumahnya di Br. Sema, Desa Melinggih, Kecamatan Payangan (30/11/2013).

Namun kelembutan dan keramahan yang terpancar dari sikap dan tutur kata Ny. Gus Gaga membuat Suci, anak pasangan I Made Rai Sudana (55) dan Ni Luh Repon (53) merasa nyaman dan mulai menampakkan raut wajah senang dan membuka diri. Bahkan tanpa rasa jijik dan canggung Ny Gus Gaga menyeka air liur yg terus keluar dari mulut Suci. Sesekali Ny. Gus Gaga juga membelai dan memperbaiki rambut Suci.

Ekspresi senang semakin tampak dari wajah Suci saat Ny. Gus Gaga meyerahkan bantuan kursi roda yang selama ini diinginkan Suci. Sebelumnya Suci pernah mendapatkan bantuan kursi roda dari salah satu yayasan di Jogja, namun karena merasa tidak nyaman kursi roda tersebut tidak pernah digunakan lagi. Saat Suci mencoba kursi roda baru dari GOW, Suci senang karena kursi roda itu membuatnya nyaman.

Ayah Suci, I Made Rai Sudana menjelaskan, Suci lahir dalam kondisi normal, namun di usia 6 bulan mulai terlihat tanda kelumpuhan, anaknya tidak dapat duduk dan merangkak. Semakin lama kondisi Suci semakin buruk, kaki dan tangannya tidak dapat digerakkan dan kaku. Bahkan suci tidak dapat duduk. Air liur terus keluar tidak terkendali dari mulut kecil anaknya. Saraf matanya pun terganggu. Karena kondisi keuangan yang tidak memadai, dirinya urung memeriksakan kondisi anaknya. Tahun 2011 dengan menggunakan JKBM, Suci telah menjalani fisioterapi di Puskesmas Payangan, namun karena  kesibukan bertani tidak ada yang mengantar rutin ke puskesmas. “Selain masalah ekonomi, waktu saya dan istri juga habis untuk bertani demi menyambung hidup kedua anak kami.”ucap Made Rai.

Kesehariannya Suci hanya tiduran di tempat tidur, sesekali Suci bermain dengan sang kakak, Ni Putu Indah Sari (11). “Cuma saya, bapak dan Ibu yang bergantian mengajak adik, tidak pernah ada teman yang datang bermain sama adik.”cerita Putu Indah.

Salah satu dokter dari Puskesmas Payangan, dr. Udayana menjelaskan kemungkinan kelumpuhan terjadi akibat infeksi saat kehamilan sang Ibu. Kondisi kelumpuhan bisa membaik namun perlu dilakukan terapi intensif baik oral maupun fisik. Kemungkinan untuk dapat normal membutuhkan waktu lama dan kesabaran serta ketekunan untuk menjalani terapi.

Ny. Gus Gaga meminta kepada meminta kepada pihak puskesmas memberikan pengobatan yang diperlukan untuk kesehatan Suci.

Ny. Gus Gaga menganjurkan kepada pihak keluarga untuk menyekolahkan Suci di SLB Gianyar. "Nanti suci sekolah di SLB, sekolahnya gratis dan disana Suci akan mendapatkan banyak teman."

 Ny. Gus Gaga juga meminta kepada ayah Suci agar terus semangat dan jaga kesehatan, karena untuk membesarkan anak disabilitas seperti Suci perlu tenaga ekstra, baik fisik maupun mental.

Kedatangan rombongan GOW tersebut guna memberikan bantuan berupa kursi roda,  sembako dan uang tunai untuk keperluan sehari-hari dalam rangkaian Kunjungan sosial HUT DWP ke-14 dan Hari Ibu ke-85. (Humas Gianyar).



Dibaca 2983 Kali
Berita Terkait
Gianyar
13 - Apr - 2014
Lomba Anjing Sehat, Tekan Kasus Rabies
BERITA LAINNYA 
Daerah
19 - Apr - 2014 : 16:25:00
Komentar | Dibaca 337 Kali
Sosial Politik
18 - Apr - 2014 : 18:23:00
Komentar | Dibaca 1064 Kali
Gaya Hidup
18 - Apr - 2014 : 18:19:00
Komentar | Dibaca 979 Kali
Daerah
18 - Apr - 2014 : 17:56:00
Komentar | Dibaca 821 Kali
Seni & Budaya
17 - Apr - 2014 : 16:56:00
Komentar | Dibaca 601 Kali
Sosial Politik
17 - Apr - 2014 : 16:44:00
Komentar | Dibaca 818 Kali
LOGO & BROSUR  
Sekilas Berita Dewata

Sebagai salah satu situs berita yang lahir di Bali. Dengan motto "Jendela Pulau Bali", Berita Dewata berusaha memberitakan hal-hal menarik yang terjadi di Bali.
Kami juga akan terus berusaha menayangkan berita seaktual mungkin, sehingga pembaca tidak hanya memantau kondisi Bali dari menit ke menit, namun juga akan menambah wawasan anda tentang Pulau Dewata yang sangat kita cintai.
Sebagai portal berita yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, www.beritadewata.com bisa diakses melalui handphone juga tampil dalam format iPad dan akan terus tumbuh mengikuti teknologi yang ada.
Penerbit :
CV. Soca Artha Buana


Alamat Redaksi :
Jl. Kebo Iwa Selatan No. 8, Padang Sambian Denpasar, Bali.
Telpn: 0361- 7446525 - Hotline : +6285 337 456 217
Email: redaksi@beritadewata.com - marketing@beritadewata.com
follow Berita Dewata :




CopyRight @2011 web & design by beritadewata.com