Hari ini : 20 Apr 2014 | 06:42:00 WITA
rssyoutubetwitter facebook
Kategori : Bali Update(Gianyar)
Oleh : Humas   |   Tanggal : 26 - Apr - 2013 13:25:32
BKB Pantau Tumbuh Kembang Balita
"Khrisma Santi : Tugas kader adalah memberikan penyuluhan dan menggerakkan masyarakat dalam meningkatkan kualitas BKB agar mampu mengasuh anaknya dengan baik"
Gianyar (beritadewata.com) - Bina Keluarga Balita (BKB) Kumara Jaya Br. Celuk Sukawati mewakili Kabupaten Gianyar dalam Lomba BKB Tingkat Provinsi Bali.Plt. Kepala Badan PP dan KB, I Made Gede Wisniu Wijaya yang di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra menerima Tim Penilai lomba BKB Tingkat Provinsi Bali di Wantilan Pura Dalem Celuk Sukawati (26/4).

Ketua BKB Kumara Jaya, Ni Wayan Karisma Santi mengatakan, BKB Kumara Jaya Br. Celuk Sukawati berawal dari berkumpulnya ibu-ibu setiap bulan dalam kegiatan penimbangan balita di posyandu. Dari pertemuan tersebut terbersit ide untuk membentuk sebuah kelompok yang mengkhususkan diri dalam meningkatkan tumbuh kembang balita. Hingga akhirnya pada Desember 2010 terbentuklah BKB Kumara Jaya. “Dari kumpul-kumpul positif ibu-ibu di banjar Cekuk, akhirnya terbentuk BKB Kumara Jaya.”

Lebih lanjut Ni Wayan Karisma Santi menjelaskan  Seluruh balita yang ada di Br Celuk, Sukawati menjadi anggota BKB berjumlah  91 balita, dengan rincian; usia 0- 1th sebanyak 21 balita, 1-2 th 18 balita, 2-3 th 16 balita, 3-4 th 16 balita dan 4-5 th ada 20 balita.  Dengan 18 orang kader kegiatan anak-anak balita di BKB Kumara Jaya sangat beragam seperti permainan edukasi yang dapat merangsang kecerdasan anak, menyanyi dan menari. Selain itu juga  bidang kesehatan, BKB Kumara Jaya Celuk  bekerjasama dengan posyandu. “ Tugas kader adalah memberikan penyuluhan dan menggerakkan masyarakat dalam meningkatkan kualitas BKB agar mampu mengasuh anaknya dengan baik,” jelas Karisma Santi.

Sementara itu Bupati Gianyar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Kepala Badan PP dan KB,  Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya, MM, menegaskan keberadaan kelompok BKB sangat penting dan memiliki peran strategis sebagai upaya pembinaan terhadap tumbuh kembang anak secara optimal, dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Bupati juga berharap agar penilaian ini dapat dijadikan sarana evaluasi bagi para pengelola dan kader BKB.

Made Wisnu Wijaya juga menambahkan pada penilaian kali ini selain kelompok BKB Kumara Jaya, juga dinilai kader BKB Kumara Jaya atas nama A.A. Sapta Dewi, dan Bina Keluarga Lansia Santi Br. Maspait Desa Keramas Blahbatuh.

Ketua Tim Penilai Lomba BKB Provinsi Bali, Ketut Darmayasa S.Sos, mengatakan tujuan dari lomba ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan keluarga khususnya kaum ibu dalam meningkatkan kesejahteraan balita sejak dini. Penilaian ditekankan pada 7 aspek perkembangan anak yang dipantau dalam kartu perkembangan anak, seperti  perkembangan gerakan kasar, perkembangan gerakan halus, komunikasi aktif, perkembangan komunikasi pasif, perkembangan kecerdasan balita, kemampuan menolong diri sendiri pada balita dan tingkah laku sosial.

Hadir pada penilaian tersebut Ketua.TP.PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Camat Sukawati  A.A. Surya Diputra, dan tokoh masyarakat setempat. (Humas Kab Gianyar)


Dibaca 732 Kali
Berita Terkait
Gianyar
13 - Apr - 2014
Lomba Anjing Sehat, Tekan Kasus Rabies
BERITA LAINNYA 
Gaya Hidup
19 - Apr - 2014 : 17:53:00
Komentar | Dibaca 552 Kali
Pariwisata
19 - Apr - 2014 : 16:35:00
Komentar | Dibaca 383 Kali
Daerah
19 - Apr - 2014 : 16:25:00
Komentar | Dibaca 428 Kali
Sosial Politik
18 - Apr - 2014 : 18:23:00
Komentar | Dibaca 1101 Kali
Gaya Hidup
18 - Apr - 2014 : 18:19:00
Komentar | Dibaca 1043 Kali
Daerah
18 - Apr - 2014 : 17:56:00
Komentar | Dibaca 899 Kali
LOGO & BROSUR  
Sekilas Berita Dewata

Sebagai salah satu situs berita yang lahir di Bali. Dengan motto "Jendela Pulau Bali", Berita Dewata berusaha memberitakan hal-hal menarik yang terjadi di Bali.
Kami juga akan terus berusaha menayangkan berita seaktual mungkin, sehingga pembaca tidak hanya memantau kondisi Bali dari menit ke menit, namun juga akan menambah wawasan anda tentang Pulau Dewata yang sangat kita cintai.
Sebagai portal berita yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, www.beritadewata.com bisa diakses melalui handphone juga tampil dalam format iPad dan akan terus tumbuh mengikuti teknologi yang ada.
Penerbit :
CV. Soca Artha Buana


Alamat Redaksi :
Jl. Kebo Iwa Selatan No. 8, Padang Sambian Denpasar, Bali.
Telpn: 0361- 7446525 - Hotline : +6285 337 456 217
Email: redaksi@beritadewata.com - marketing@beritadewata.com
follow Berita Dewata :




CopyRight @2011 web & design by beritadewata.com